A.            Latar Belakang

Peran GALERI INVESTASI BEI sebagai One stop student activities pasar modal di dunia akademisi merupakan salah satu sarana pembelajaran yang dapat menjadi sebuah kekuatan untuk mencerdaskan bangsa. Kedepannya melalui laboratorium pasar modal yang menyediakan real time data untuk belajar menganalisa aktivitas perdagangan saham, diharapkan dapat menjadi jembatan menuju penguasaan ilmu pengetahuan beserta prakteknya di Pasar Modal, sehingga perguruan tinggi dapat menghasilkan, masyarakat akademisi yang memahami teori beserta prakteknya.

Mengacu pada visi dan misi, IAIN Bengkulu dimaksudkan sebagai lembaga pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara integratif berdasarkan semangat peneguhan dan revitalisasi nilai-nilai Islam yang berwawasan kebangsaan, dengan mempertimbangkan konteks kearifan lokal masyarakat Sumatera Bagian Selatan khususnya, dan Indonesia pada umumnya. Paradigma penyelenggaraan pendidikan yang integratif dengan didasari semangat revitalisasi nilai-nilai keislaman dan kebangsaan tersebut diorientasikan untuk mengembangkan ilmu, teknologi, seni dan budaya dalam rangka meningkatkan kualitas keberagamaan dan kehidupan masyarakat Indonesia serta kemanusiaan secara universal. Oleh karena itu hal inilah yang menjadi dasar IAIN Bengkulu dalam mendirikan Galeri Investasi BEI Syariah satu-satu nya yang terdapat di Provinsi Bengkulu.

B.            Sejarah Berdirinya GIS BEI IAIN Bengkulu

Berdirinya Galeri Investasi Syariah IAIN Bengkulu, dimulai dengan kunjungan mahasiswa FEBI IAIN Bengkulu ke Kantor Perwakilan BEI Palembang pada tanggal 9 Mei 2016. Kunjungan tersebut di bimbing oleh Dosen FEBI yaitu Bapak Faisal Muttaqin, MSM. Hasil kunjungan tersebut memberikan edukasi kepada mahasiswa mengenai investasi di pasar modal dan rencana pendirian Galeri Investasi Syariah BEI (GIS BEI) IAIN Bengkulu.

Hasil kesepakatan pendirian Galeri Investasi Syariah BEI IAIN Bengkulu ditindaklanjuti melalui surat Dekan FEBI IAIN Bengkulu yang ditujukan ke Kantor Perwakilan BEI Palembang. Tindaklanjut dari surat tersebut, proses pendirian GIS BEI IAIN Bengkulu dibawah kordinasi dari Kantor Perwakilan BEI Jambi. Pada tanggal 20 Juli 2016, Perwakilan IAIn Bengkulu menindaklanjuti pendirian GIS BEI dengan dating ke Jambi untuk berkordinasi megenai pendirian GIS, disamping itu juga kegiatan tersebut mengunjungi GIS BEI IAIN Jambi sebagai referensi pendiria GIS BEI IAIN Bengkulu. Hasil kordinasi tersebut disepakati pendirian GIS BEI IAIN Bengkulu, Perusahaan Sekuritas yang dipilih adalah PT First Asia Capital, dan GIS BEI diresmikan pada hari Rabu, 21 September 2016.

Pada tanggal 1 September 2016, Pihak KP BEI Jambi dan Direksi PT First Asia Capital mengunjungi IAIN Bengkulu sebagai bentuk penindaklanjutan persiapan pendirian GIS BEI IAIN Bengkulu dan pada kegiatan tersebut dilaksanakan juga kegiatan Edukasi Pasar Modal sebagai pengenalan Pasar Modal dikalangan mahasiswa IAIN Bengkulu. Pada tanggal 21 September 2016, dilaksanakannya peresmian GIS BEI IAIN Bengkulu dengan dihadiri Direktur Pengawasan OJK Lutfy Zain Fuady, Direktur BEI Bapak Nicky Hogan, Wakil Rektor 1 IAIN Bengkulu Bapak Dr. Zulkarnain S, Dekan FEBI IAIN Bengkulu Ibu Dr. Asnaini, Kepala OJK Provinsi Bengkulu Bapak Yan Syafri, dan Kepala KP BEI Jambi Bapak I Ngurah Gusti Sandiana.

C.             Tujuan

  1. Mengenalkan Pasar Modal sejak dini pada dunia akademis terutama civitas akademika IAIN Bengkulu.
  2. Memungkinkan civitas akademika tidak hanya mengenal teori namun juga memahami praktek dalam Investasi Saham Syariah.
  3. Sebagai langkah untuk menjangkau kelompok yang berpendidikan agar dapat lebih memahami dan mengenal dunia pasar modal.
  4. Mendapatkan data Publikasi dan bahan cetakan mengenai perkembangan pasar modal yang diterbitkan oleh BEI termasuk peraturan dan Undang-Undang Pasar Modal.
  5. Dapat mengakses Informasi data BEI dalam mendukung kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi pada IAIN Bengkulu.
  6. Merupakan salah satu sarana pembelajaran yang dapat menjadi sebuah kekuatan untuk mencerdaskan bangsa.
  7. Menjadi salah satu sarana bagi para akademisi maupun masyarakat umum memperoleh informasi tentang produk pasar modal dan menjadi sarana bertransaksi secara langsung.

D.            Pengelola Galeri Investasi

Galeri Investasi BEI Syariah IAIN Bengkulu langsung ditunjuk berdasarkan struktur organisasi yang disepakati oleh pihak IAIN Bengkulu, BEI, dan Perusahaan Sekuritas yang mengacu pada pedoman pendirian Galeri Investasi BEI. Pada IAIN Bengklu Galeri Investasi BEI Syariah dibawah kordinasi Rektor IAIN Bengkulu, dengan struktur sebagai berikut:

Pembina                        :  1. Prof. Dr. H. Sirajuddin, M., M.Ag, MH (Rektor IAIN)

  1.     Direktur Utama Bursa Efek Indonesia
  2.     Direktur Utama PT First Asia Capital

Penanggung jawab       : Dr. Asnaini, MA (Dekan FEBI IAIN Bengkulu)

Direktur Galeri             : Evan Stiawan, SE, MM

Manajer Keuangan       : Lucy Auditiya, SE, M.Ak

Manajer Pemasaran     : Erwin Febriansyah, M.Ak

Manajer R & D              : Kustin Hartini, MM

Manajer Umum             : Yetti Afrida Indra, M.Ak

E.             Lokasi Galeri Investasi

Galeri Investasi BEI Syariah IAIN Bengkulu berada di lantai 1 Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Ruangan berukuran 4 x 5 M2 menghadap langsung ke lobi gedung fakultas.

F.             Fasilitas Ruangan Galeri

IAIN Bengkulu telah mempersiapkan beberapa fasilitas Galeri Investasi IAIN Bengkulu antara lain, yaitu Supply listrik, Jaringan telepon dan internet, beberapa Rak buku (untuk penyimpanan & display publikasi). Sedangkan fasilitas yang belum disiapkan antara lain  Furniture – Meja komputer dan kursi (pengelola GALERI INVESTASI BEI & pengunjung) – Rak buku (untuk penyimpanan & display publikasi) dan Standard minimal perlengkapan elektronik dan aplikasi trading dari perusahaan sekuritas.Adapun rincian fasiltias ruang galeri yaitu:

  1. 122 Unit Buku
  2. 20 Unit Permainan Stocklab
  3. 1 Meja Customer Service
  4. 3 Kursi Customer Service
  5. 6 Unit Kursi Pelayanan
  6. 3 Unit Meja Pengelola
  7. 3 Unit Kursi Pengelola
  8. 1 Unit Lemari Buku
  9. 1 Unit Rak Buku
  10. 1 Unit Komputer
  11. 1 Unit TV LED 32”
  12. 1 Unit Printer
  13. 1 Unit Sound System
  14. 1 Unit AC ½ PK
  15. 1 Unit Dispenser
  16. 1 Unit Ambal
  17. 4 Unit X-Banner

G.            Pelayanan dan Jam Operasional

GIS BEI IAIN Bengkulu melayani pada hari Senin – Jum’at Pukul 08:30 – 16:00 dan Istirahat pada Pukul 12:00 – 13:30. GIS BEI IAIN Bengkulu memberikan beberapa pelayanan terkait dengan pasar modal yaitu:

  1. Pembukaan Rekening Efek
  2. Konsultasi Pemilihan Saham
  3. Sekolah Pasar Modal Syariah
  4. Mini Perpustakaan Pasar Modal
  5. Permainan Stocklab

H.           Penutup

Diharapkan dengan menjadi pusat aktivitas pasar modal di lingkungan IAIN Bengkulu, GALERI INVESTASI BEI SYARIAH dapat berfungsi sebagai pusat referensi pasar modal, pusat penelitian dan pengkajian, tempat mempraktekan ilmu berdasarkan teori yang didapat dikampus, centre of society in capital market, menyiapkan SDM yang siap pakai, para pengguna GALERI INVESTASI BEI SYARIAH mendapatkan semua publikasi yang ada.

Salam Hormat,

Direktur,

 

 

Evan Stiawan